PIK-KRR Griya Remaja desa Girimoyo membentuk remaja sehat, remaja berkualitas

Minggu, 14 Maret 2010

Berkenalan dengan Pubertas

Pengertian Pubertas
Masa puber adalah masa dimana tubuh sedang mengalami perubahan besar-besaran, dari struktur tubuh anak-anak menjadi struktur tubuh orang dewasa.
Pada masa pubertas ditandai dengan kematangan organ-organ reproduksi, termasuk pertumbuhan seks sekunder. Pada masa ini juga remaja mengalami pertumbuhan fisik yang cepat.
Kapan awal masa pubertas
Awal dimulainya masa puber pada laki-laki antara umur 13 atau 14 tahun, lebih lambat dari perempuan yang sudah mulai saat umur 11 atau 12 tahun, dan akan berakhir sekitar umur 17 - 18 tahun. Tapi ini tidak mutlak, karena kondisi tubuh masing-masing orang berbeda-beda. Jadi ada laki-laki atau perempuan yang mengalami masa puber lebih cepat atau justru terlambat.
Karena perubahan besar-besaran ini terjadi di semua lini dan berlangsung dalam waktu yang nyaris bersamaan, perasaan dan emosi kita pun kerap terganggu.
Apa yang terjadi pada masa pubertas
Apa yang menyebabkan perubahan pada masa pubertas?
Perubahan dari anak memasuki masa remaja, semua diatur oleh hormon seks.
Bagaimana cara kerja hormon seks sehingga terjadi perubahan pada remaja?
Perubahan terjadi disebabkan oleh pusat pengendali utama dari bagian otak yang disebut hypothalamus. Hypothalamus bekerja sama dengan kelenjar bawah otak mengendalikan urut-urutan rangkaian perubahan itu dengan mengeluarkan hormon-hormon tertentu. Antara lain adalah hormon estrogen dan testosteron. Hormon estrogen dominan pada remaja perempuan dan testosteron pada remaja laki-laki.



Perubahan fisik pada laki-laki
Perubahan fisik yang Terjadi padamu (laki-laki)?
Sama halnya dengan remaja perempuan, hormon testosterone akan membantu tumbuhnya bulu-bulu halus di sekitar ketiak, kemaluan laki-laki, janggut dan kumis, terjadi perubahan suara pada remaja laki-laki, tumbuhnya jerawat dan mulai diproduksinya sperma yang pada waktu-waktu tertentu keluar sebagai mimpi basah. Perubahan lain antara lain:
  • Tubuh bertambah berat dan tinggi
  • Keringat bertambah banyak
  • Kulit dan rambut mulai berminyak
  • Lengan dan tungkai kaki bertambah panjang
  • Tangan dan kaki bertambah besar
  • Tulang wajah mulai memanjang dan membesar, sehingga tidak terlihat seperti anak kecil lagi
  • Pundak dan dada bertambah besar dan bidang
  • Tumbuh jakun
  • Suara berubah menjadi berat
  • Penis dan buah zakar membesar 
Perubahan fisik pada perempuan
Perubahan fisik yang terjadi padamu (perempuan)?
Memasuki usia remaja, beberapa jenis hormon/zat dalam tubuh, terutama hormon estrogen dan progesteron, mulai berperan aktif sehingga pada dirimu mulai tumbuh payudara, panggul mulai melebar dan membesar dan akan mengalami menstruasi atau haid. Di samping itu akan mulai tumbuh bulu-bulu halus di sekitar ketiak dan vagina/kemaluanmu.
Beberapa dari kamu mengalami tumbuhnya jerawat pada wajah. Dan perubahan lainnya seperti:
  • Kulit dan rambut mulai berminyak
  • Keringat bertambah banyak
  • Lengan dan tungkai kaki bertambah panjang
  • Tangan dan kaki bertambah besar
  • Tulang-tulang wajah mulai memanjang dan membesar, sehingga tidak terlihat seperti anak kecil lagi
  • Pantat berkembang lebih besar
  • Indung telur mulai membesar
  • Vagina mulai mengeluarkan cairan
Perubahan psikologis
Perubahan emosional/Psikologis yang terjadi di antara kamu?
Selain terjadi perubahan fisik, kamu juga mengalami perubahanperubahan emosi, pikiran, perasaan, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi. Begitu pentingnya perubahan dari masa anak ke masa remaja ini sehingga pada beberapa kelompok budaya hal ini ditandai dengan adanya upacaraupacara tertentu, misalnya pada masyarakat Jawa diadakan selamatan ketika seorang anak perempuan mendapat menstruasi yang pertama dan pada beberapa suku di Papua misalnya anak laki-laki di suruh berburu ketika ia dinyatakan memasuki masa remaja.
Datangnya menstruasi atau mimpi basah pertama tidak sama pada setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut. Salah satunya adalah karena masalah gizi. Saat ini ada anak perempuan yang sudah mendapatkan menstruasi pertama di usia 9-10 tahun. Namun pada umumnya sekitar 12 tahun.
Ke mana arah perkembangan psikologis remaja?
Secara emosional remaja bergerak ke arah mandiri lepas dari orang tua atau mereka yang lebih tua dan membentuk hubungan dan minat yang baru.
Apakah perubahan emosional ini dapat dilalui dengan mudah?
Tidak, sehingga juga disebut dengan masa pancaroba.
Apa yang di maksud dengan masa pancaroba pada remaja?
Adalah di mana seorang remaja mulai menyesuaikan sikapnya sebagai orang dewasa karena adanya perubahan pada tubuhnya serta bertambahnya pengetahuan (baik yang benar maupun yang keliru) tentang dirinya.
ciri-ciri seorang remaja sedang memasuki masa pancaroba:
  • Mulai meninggalkan ketergantungan kepada keluarga dan ketenangan masa kecil, ke arah dunia dewasa yang penuh frustrasi, persaingan dan kekecewaan.
  • Mulai mempelajari sikap serta pandangan yang berbeda tentang moral dan seksualitas antara sikap dan pandangan yang dianut keluarganya dengan yang ada di dunia luar.
  • Mulai menghadapi konflik dan harus memutuskan berapa norma yang harus diambil dari luar, serta berapa banyak ajaran orang tuanya yang harus dia tolak.
Bagaimana remaja melalui masa pancaroba ini?
Sebagian besar remaja mampu menyesuaikan diri tanpa mendapatkan kesulitan apa-apa. Tetapi selama masa penyesuaian remaja akan bersikap irasional, mudah tersinggung dan sulit dimengerti. Hal ini karena adanya konflik dalam dirinya, frustrasi, kebimbangan dan bahkan mungkin keputusasaan.
Adakah ciri-ciri lain dari masa ini?
Ada, yaitu mulai muncul kebutuhan akan privasi, keintiman dan ekspresi erotik. Pada masa ini mulai tumbuh ketertarikan pada lawan jenisnya dan keinginan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan lawan jenisnya.

Tidak ada komentar: